Cara Transfer Gopay ke Shopeepay

Cara Transfer Gopay ke Shopeepay – Banyak orang saat ini menggunakan pembayaran non-tunai daripada uang tunai. Apalagi setelah munculnya dompet digital seperti gopay dan shopeepay, sistem Scan > Transfer > Success digunakan untuk membeli segala jenis merchandise, terutama bagi para penjual di pusat perbelanjaan. Cara transfer Shopeepay ke OVO 2022 juga sudah kami bahas di artikel sebelumnya.

Untungnya, kemajuan teknologi berkembang pesat. Memiliki dompet digital juga dapat memberikan keuntungan, termasuk mengurangi peredaran uang palsu, terutama karena Anda tidak perlu membawa uang tunai.

Namun, keberadaan dompet digital saat ini hanya tersedia untuk anak muda. Orang tua mungkin masih belum memahami cara kerja sistem pembayaran cashless dan cara kerjanya. Itu sebabnya mereka masih membayar tunai saja.

Cara transfer dari e-wallet ke e-wallet lain sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, antara lain harus menggunakan kode tertentu dan memasukkan bank tujuan berdasarkan jenis e-wallet.

Cara Transfer Gopay ke Shopeepay

Jika sudah selesai, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini!

1. Buka aplikasi Shopee, klik menu Shopeepay > isi saldo > lali pilih “transfer bank”

Pertama, kita perlu mendapatkan nomor VA Shopeepay agar kita bisa mengirim pulsa dari OY! Indonesia.

Pengguna kemudian login ke aplikasi Shopee dan masuk ke menu Shopeepay. Kemudian klik menu “Top up saldo” dan “Transfer Bank”. Pilih Banca Mandiri pada kolom Transfer Bank dan klik Submit.

2. Salin Nomor VA Bank Mandiri

Anda kemudian akan menerima nomor Mandiri VA Anda dari Shopeepay. Klik tombol “Salin” di sebelah nomor VA untuk menyalin nomor tersebut. Nomor ini akan digunakan untuk menyimpan saldo Shopeepay Anda di lain waktu. Kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Buka OY! Indonesia

Setelah memasukkan nomor VA Shopee Anda, coba buka aplikasi OY terlebih dahulu! Indonesia. Klik menu “Transfer” di aplikasi. Kemudian layar akan menampilkan dua opsi konversi: “Transfer Lokal” dan “Transfer Internasional”. Pilih menu Transportasi Lokal.

4. Klik menu “Tambah Penerima Baru”

Klik “Bank Penerima” untuk memilih bank penerima baru. Karena Akar.my.id menggunakan nomor VA Bank Mandiri untuk menyetor saldo akun Shopeepay kami, kami telah memilih Bank Mandiri.

Kemudian “Tempel/Tempel” nomor VA yang disalin ke halaman nomor VA Shopeepay. Jika Anda kesulitan memasukkan nomor VA Anda, Anda juga dapat memasukkan 893 secara manual (kemudian lanjutkan menggunakan nomor ponsel Anda yang terdaftar di Shopeepay.

Pilih Selesai dan tunggu hingga muncul menu berwarna hijau yang memberitahukan bahwa nomor VA yang dimasukkan sudah benar. Kemudian klik “Lanjutkan”.

5. Buka Halaman Detail Transfer

Setelah mengklik tombol “Lanjutkan”, Anda akan dibawa ke halaman detail transfer. Di sana kamu bisa mengecek apakah nomor VA Shopeepay tujuan kamu sudah benar. Kemudian isi kolom Amount atau jumlah saldo yang ingin Anda transfer. Misalnya, Rp. 100.000.

Sistem juga akan meminta Anda untuk memilih “sumber pendanaan” atau menautkan rekening bank. Pilih rekening bank Anda. Misalnya Bank Mandiri / BCA, lalu pilih Bank Mandiri / BCA sebagai sumber dana Anda dan klik Continue.

Kemudian Anda perlu memilih kategori transaksi dan memilih kategori yang tersedia. Kemudian klik “Lanjutkan”.

6. Masuk ke Halaman “Pilih Metode Transfer”

Secara umum, OH! Ada 3 metode transfer di Indonesia yaitu virtual account, manual transfer dan kartu debit.

Namun, setiap bank mungkin menawarkan metode transfer yang berbeda. Jadi untuk membuatnya lebih cepat, lebih mudah dan gratis, pilih saja metode perhitungan default.

7. Konfirmasi “Detail Transfer”

Kemudian buka halaman konfirmasi untuk detail transfer. Klik menu Salin di sebelah nomor VA yang tercantum di akun default lama.

Ini adalah nomor VA yang nantinya harus Anda masukkan dalam sistem transfer Gopay. Untuk melakukan ini, Anda memiliki waktu 3 jam untuk menyelesaikan transaksi. Jika nomor VA tidak lagi berlaku setelah 3 jam, Anda perlu mengulangi langkah-langkah di atas.

8. Buka Aplikasi Gojek dan Masuk ke Menu “Pembayaran”

Sekarang saatnya buka aplikasi Gojek/Gopay dan masuk ke menu pembayaran. Dari menu Bayar dan Kirim, pilih menu Ke rekening bank.

9. Klik “Transfer Instan ke Akun Baru”

Kemudian klik “Transfer Instan ke Rekening Baru” dan pilih bank tujuan (berbayar). Bank pilihan Anda adalah bank yang Anda gunakan di OY! Indonesia.

Misalnya, jika Anda menggunakan Bank BCA, pilih Bank BCA. Di kolom Akun, masukkan nomor VA yang Anda salin ke OY! Indonesia.

Klik “Verifikasi”, jika nomor perangkat virtual benar, klik “Lanjutkan”. Pastikan nama pemilik rekening bank BCA yang diduga adalah PT Dompet Harapan Bangsa.

10. Tentukan Besaran Transfer

Selanjutnya, Anda harus memilih jumlah transfer yang akan diselesaikan. Masukkan jumlah nominal yang sama saat memasukkan jumlah transfer di OY! Indonesia.

Sebelumnya, Anda harus memasukkan token Rp ke OY. Juga di Gopay dengan 20.000. Setelah konfirmasi, klik “Lanjutkan” dan “Konfirmasi”.

11. Masukkan PIN atau Verifikasi Sidik Jari

Anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi PIN/sidik jari. Di sini Anda perlu memasukkan PIN atau sidik jari Anda. Jika PIN benar, saldo Gopay Anda akan otomatis ditransfer ke Shopeepay berdasarkan nama yang Anda masukkan.

Aplikasi Perantara, Cara Transfer Gopay ke Shopeepay

kecuali OY! Indonesia, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi sejenis lainnya. Berikut beberapa alternatif aplikasi transfer yang bisa Anda gunakan, misalnya:

1. Flip

Kecuali di Indonesia, Anda bisa menggunakan Flip untuk mentransfer Gopay ke Shopeepay. Flip adalah aplikasi yang menghubungkan transfer bank tanpa biaya administrasi (dan gratis).

Soal legalitas tidak perlu khawatir karena meski bukan Flip Bank, namun sudah mendapat izin dari Bank Indonesia.

Namun, ada batas atas transmisi Rp. 5.000.000 Jika biaya pengelolaan melebihi Rs. 2500 / transaksi.

Selain itu, Flip saat ini menyediakan layanan transfer antar bank gratis untuk 16 bank di Indonesia, dengan nominal transfer Anda akan diberikan kode unik 3 digit. Nomor tiga digit ini sekarang disimpan sebagai setoran sehingga dapat ditarik nanti ketika mencapai Rs. 10.000.

2. neu

Pernahkah Anda mendengar tentang aplikasi neu? Aplikasi ini juga merupakan aplikasi transfer antar bank seperti OY! wajah Indonesia. Dengan aplikasi neu Anda juga akan menerima tiga digit nomor transaksi transfer. Namun, kode tiga digit unik ini tidak disimpan saat mentransfer dana sebagai deposit, tetapi sebagai biaya layanan.

Anda dapat menggunakan menu transfer neutron untuk mentransfer saldo Gopay Anda ke Shopeepay melalui aplikasi neu. Banyak bank yang bisa digunakan untuk layanan ini, seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, Digibank, Jenius, dll.

Selain transfer bank, neu juga menyediakan alat anggaran untuk membantu Anda mengelola uang Anda. Aplikasi ini sekarang dapat diunduh dari Google Play Store atau App Store.

3. DANA

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi DANA. Jika Anda tidak memiliki ketiga aplikasi di atas, Anda dapat menggunakan aplikasi DANA e-Wallet. Anda juga bisa mencoba menggunakannya sebagai perantara transfer Gopay ke Shopeepay. DANA juga menawarkan layanan transfer antar bank gratis hingga 10 kali per bulan.

Kesimpulan

Gopay kini tidak hanya digunakan untuk transaksi melalui aplikasi Gojek, tetapi juga sering digunakan untuk transaksi dengan banyak merchant lain yang bekerja sama dengan Gopay.

Sekarang sepertinya ada restoran yang menawarkan metode pembayaran melalui Gopay, cukup scan barcode dan saldo Gopay akan ditransfer secara otomatis. Namun, e-wallet lain juga saat ini menarik. Contohnya Shopeepay, terkadang kita perlu melakukan top up saldo Gopay.

Dengan berkembangnya e-wallet di Indonesia, tampaknya setiap e-wallet memikirkan bagaimana menjaga keseimbangan ekosistemnya. Hingga saat ini, kondisi transportasi dan Gopay juga sudah mulai diperbarui. Kami mungkin tidak dapat mentransfer saldo Gopay secara langsung ke e-wallet lain seperti Shopeepay, tetapi masih dimungkinkan untuk melakukannya dengan menggunakan langkah-langkah di atas.